Senin, 22 Oktober 2012

KEKUATAN PIKIRAN


KEKUATAN PIKIRAN....

Jangan pernah meremehkan kekuatan pikiran, banyak fakta terungkap bahwa dengan berpikir banyak hal terjadi, tak terkecuali hal kesembuhan maupun hal penyakit. Itulah sebabnya ada istilah plasebo, yaitu bahwa orang sembuh dari penyakitnya, karena ia berpikir ia akan sembuh, atau istilah nosebo, kebalikan plasebo, yaitu orang bisa sakit betulan karena ia berpikir tubuhnya sedang sakit.
Pengobatan dengan menggunakan efek plasebo sudah lazim dilakukan, bahkan dalam suatu penelitian terungkap bagaimana reaksi obat yang diminum pasien ketika dalam kondisi plasebo. Seorang pasien yang mengalami efek plasebo akan sembuh dari sakitnya walaupun ia diberi minum obat kosong, karena pikiran positifnya yang memberikan keyakinan kuat bahwa ia akan sembuh dengan meminum obat itu.
Penelitian akan efek plasebo sudah menunjukan bahwa kekuatan pikiran mampu membantu proses penyembuhan penyakit lebih efektif. Namun sayang, dari sekitar 2000 penelitian yang ada, hanya beberapa lusin yang meneliti efek nosebo. Penelitian perihal efek nosebo hingga kini memang belum menguatkan bukti bahwa penyakit bisa muncul dari pikiran.
Meski demikian, seorang pakar di Jerman Dr Winfried Hauser dari Klinikum Saarbrucken, mengingatkan akan buruknya efek nosebo, karena itu seseorang hendaknya tidak sembarangan mengatakan tubuhnya sedang sakit, meskipun hanya dalam hati. Dalam penelitiannya, ia menggunakan sample 50 orang dengan gangguan nyeri punggung kronis. Sebagian di antara mereka diberitahu bahwa merenggangkan kaki akan membuat parah rasa sakitnya, sedangkan sebagian lain diberitahukan bahwa merenggangkan kaki tidak akan memberikan dampak apapun. Kemudian ke 50 orang itu diperintahkan untuk merenggangkan kaki, dan hasil pengamatan Dr Hauser adalah bahwa kelompok pertama yang tadi diberitahu bahwa merenggankan kaki membuat parah rasa sakitnya ternyata benar-benar merasakan rasa sakitnya, sedang kelompok kedua yang diberitahu bahwa tidak ada efek apapun bila merenggangkan kaki, ternyata tidak ada keluhan ketika mereka merenggangkan kakinya.
Dalam laporannya di jurnal Deutsches Arzteblatt International seperti dilansir dari Healthday, Dr Hauser mengatakan bahwa seorang pasien memiliki kecenderungan untuk menerima sugesti negatif, terutama pada sugesti yang memperparah kondisi sebelumnya. Di dalam laporan tersebut juga disarankan agar para dokter belajar bagaimana mengeksploitasi kekuatan kata-kata demi keuntungan pasien. Dokter dan perawat harus mendapatkan pelatihan tentang cara berkomunikasi yang baik dengan pasien untuk menghindari terciptanya sugesti negatif. Serta mempertimbangkan mengurangi jumlah informasi negatif yang bisa berpotensi efek samping khususnya pada saat memberikan anjuran dan rincian resep pada pasien.
Sementara pada sebuah penelitian sebelumnya tentang efek nosebo pada pemberian obat pernah terungkap bahwa pasien yang meminum obat kosong, hanya berisi tepung, bisa mengalami efek samping karena ia membaca perihal efek samping yang tercantum dalam kemasan.
Melihat potensi kekuatan pikiran yang demikian dahsyat, hanya pikiran positiflah yang membuat anda akan selalu sehat, bahagia, punya harapan yang lebih besar, bersemangat dan yang pasti anda tidak akan rugi apa-apa. Karena itu, hanya satu saran , penuhi pikiran anda dengan hal-hal positif, itulah obat terhebat yang anda punya ....!!! 

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/health/2318734-wow-dahsyatnya-efek-obat-terhebat/#ixzz2A2dXzXOg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar